Kiat-Kiat Agar Bisa Mencintai Diri Sendiri

KIAT-KIAT AGAR BISA MENCINTAI DIRI SENDIRI

Berita Terbaru Mencintai diri merupakan hal yang penting. Bahkan, beberapa waktu lalu, artis ternama asal Indonesia Tara Basro saja sampai mengampanyekan betapa pentingnya mencintai diri sendiri. Hal ini tak lepas dari banyaknya orang yang membenci dirinya sendiri, karena selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.

Padahal, mencintai diri sendiri alias love yourself adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan kepada dirimu. Dengan melakukan itu, maka kepercayaan diri kamu akan meningkat, kamu akan lebih menghargai diri sendiri, hingga membawa segala sesuatu yang positif dalam kehidupan ini.

Namun, nyatanya tidak sedikit orang yang bahkan belum tahu cara untuk mencintai dirinya sendiri. Berikut beberapa cara untuk mencintai diri sendiri, kamu harus sadar kalau diri kamu adalah versi yang terbaik!

KIAT-KIAT AGAR BISA MENCINTAI DIRI SENDIRI

Senangkan dirimu selagi masih bisa
Ketika kamu ingin pergi bermain atau sekadar nongkrong, kamu pasti biasanya akan mengajak beberapa teman untuk menemani kamu. Namun, untuk mencintai diri sendiri, cobalah sesekali untuk pergi sendirian dan lakukan sesuatu yang menyenangkan, demikian dilansir dari The Law of Attraction.

Pasalnya, pergi bermain sendirian selama beberapa hari sangatlah penting agar kamu bisa mencintai diri kamu sendiri. Ketika kamu melakukan sesuatu yang menyenangkan sendirian, tingkat kepercayaan diri kamu akan meningkat. Terlebih, kamu juga akan menemukan hal baru di luar sana.

Memaafkan segala kesalahan yang kamu perbuat
Setiap manusia tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan, dan itu wajar mengingat tidak ada manusia yang sempurna. Sayangnya, ketika kamu melakukan kesalahan, pasti banyak orang yang akan mengolok-olok kamu atas kesalahan yang telah diperbuat.

Boleh saja orang lain menyalahkanmu, tapi jangan biarkan diri kamu sendiri juga ikut-ikutan menyalahkan kamu. Segera maafkan kesalahan yang telah kamu perbuat, niscaya kamu akan langsung move on dan melupakan kesalahan tersebut.

Ini penting loh kaitannya dengan mencintai diri kamu sendiri karena di momen tersebut kamu harus bisa menghargai diri kamu. Toh masih ada hari esok untuk memperbaiki segala kesalahan yang telah kamu lakukan.

Beri waktu diri kamu untuk beristirahat
Banyak orang yang mengatakan kalau hidup ini keras. Ya memang sih, tapi itu bukan berarti kamu tidak bisa menghadapinya. Meski demikian, perlu diingat bahwa akan ada saatnya di mana kamu merasa lelah menghadapi segala kekacauan serta permasalahan dalam kehidupan.

Untuk itu, berilah waktu bagi diri kamu beristirahat sejenak. Rupanya ini juga penting untuk mencintai diri kamu sendiri. Bukan tanpa sebab, ketika kamu memutuskan untuk rileks sejenak, kamu jadi bisa merawat diri kamu.

Percaya pada apa yang kamu lakukan
Saat melakukan sesuatu, kamu harus mengikuti instingmu dalam setiap pengambilan keputusan. Dengan mempercayai diri kamu sendiri, maka tingkat kepercayaan diri akan meningkat yang mana itu masuk ke dalam klasifikasi mencintai diri sendiri.

Sebelum kamu menaruh kepercayaan pada orang lain, belajarlah untuk mempercayai diri sendiri. Percaya kalau kamu tahu yang terbaik untuk diri kamu.

Peduli pada diri sendiri
Mengutip Psychology Today, kamu harus peduli kepada diri sendiri alih-alih kepada orang lain. Mungkin ini terdengar simpel untuk dilakukan, namun kebanyakan orang justru takut saat melakukan ini, karena takut dikira terlalu egois, hanya mementingkan diri sendiri.

Nyatanya, peduli kepada diri sendiri sama sekali tidak egois. Justru merekalah yang egois karena tidak membiarkan kamu untuk mencintai diri kamu sendiri. Praktis, kamu harus memperlakukan diri kamu seperti kamu bersikap baik kepada teman-temanmu.

Lakukan hal yang baru
Untuk mencintai diri sendiri, kamu harus berani untuk keluar dari zona nyaman. Contohnya adalah dengan mencoba sesuatu yang baru, siapa tahu kamu nyaman dengan hal tersebut padahal kamu tidak pernah melakukannya sebelumnya.

Atau, kamu juga bisa mencoba traveling sendirian. Ketika kamu pergi ke suatu tempat yang masih asing, kamu akan mempelajari budaya baru. Menariknya, ini bisa menambah pengalaman untuk mencintai diri sendiri loh.

Terimalah kondisi kamu saat ini
Sebagaimana dilansir dari Huffington Post, kita memang tidak pernah bisa memilih untuk menjadi apa. Bagaimanapun juga, apapun kondisimu sekarang, kamu harus menerimanya karena itu adalah yang terbaik untuk kamu.

Apalagi jika kamu masih terjebak dalam memori masa lalu yang kelam. Coba bisikkan dalam hati, “aku bukanlah orang yang seperti itu lagi”, alhasil kamu tidak akan menyesali kondisi kamu saat itu juga.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan demi mencintai diri sendiri. Jika kita belum bisa mencintai diri sendiri, maka kita juga belum siap untuk mencintai orang lain.

Cobalah diterapkan perihal ini dalam hidupmu mulai dari sekarang ya !

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *