Sup-Sup Nikmat Asal Rusia Yang Boleh Kamu Coba

SUP-SUP NIKMAT ASAL RUSIA YANG BOLEH KAMU COBA

Berita Terbaru Pernahkah kamu ke negara Rusia? Diketahui jika Tusia mempunyai sajian kuliner yang beragam dan mendapat pengaruh dari daerah lain seperti Eropa dan Asia Timur. Biarpun terletak di daerah yang memiliki suhu yang relatif dingin, masyarakat di negara tersebut ternyata juga mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti ikan, jamur, madu, roti, dan sereal. Beberapa bahan tersebut kerap kali diolah menjadi berbagai sup khas Rusia dengan rasa yang lezat. Berbeda dengan sup pada umumnya, sajian sup tersebut mempunyai rasa yang asam dan menyegarkan. Berikut ini beberapa di antaranya!

SUP-SUP NIKMAT ASAL RUSIA YANG BOLEH KAMU COBA

Solyanka
Solyanka adalah sup khas Rusia yang mempunyai rasa pedas dan asam dan berkuah kental. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sup tersebut adalah ikan, jamur, dan daging. Selain itu, bahan tambahan lain seperti acar mentimun, kubis, kentang, dan krim asam juga digunakan.

Sup ini sangat populer dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat, dari mulai kantin di berbagai sekolah hingga restoran mewah.

Rassolnik
Sup tradisional dari Rusia ini terbuat dari acar mentimun, daging, dan barley. Barley yang dalam bahasa Indonesia bernama beras jali adalah sejenis biji-bijian yang tergolong dalam keluarga gandum. Sup ini telah ada sejak ratusan tahun silam di mana pada zaman dahulu sup ini bernama kalya.Salah satu bahan penting yang digunakan dalam rassolnik adalah rassol, yaitu acar mentimun yang telah dicampur dengan berbagai bumbu.

Ukha
Ukha adalah sup yang terbuat dari berbagai jenis ikan seperti lele, ikan tombak, atau ikan kapas. Sup ini juga dilengkapi dengan berbagai sayuran dan bumbu seperti kentang, parsley, adas, daun salam, merica, kunyit, dan pala.

Ukha merupakan salah satu sup yang legendaris karena telah ada sejak abad ke-12. Awalnya, ukha dibuat dengan menyiapkan kaldu ikan terlebih dahulu. Kaldu tersebut terbuat dari air yang direbus bersama tulang dan kepala ikan.Setelah itu, ikan yang berukuran kecil dimasukkan untuk menambah rasa kaldu baru kemudian dimasukkan ikan yang berukuran lebih besar bersama sayuran lain.

Shchi
Shchi adalah sup kubis khas Rusia yang mempunyai berbagai variasi, seperti sour shchi dan green shchi. Sour shchi terbuat dari acar kubis yang mempunyai rasa asam sedangkan green shchi terbuat dari bayam.Shchi telah dikonsumsi masyarakat Rusia sejak lama karena cara membuatnya yang relatif mudah. Selain kubis dan bayam, shchi juga dapat dibuat dengan tambahan daging dan jamur. Biasanya, sup ini dikonsumsi bersama dengan roti gandum.

Borscht
Borscht merupakan sup dengan rasa asam yang terbuat dari bahan utama ubi bit. Diperlukan kehati-hatian untuk memasak ubi bit ini karena warna merah pada ubi tersebut dapat menempel di tangan selama beberapa hari.

Selain ubi bit, sup ini juga dilengkapi dengan berbagai daging seperti daging kambing atau ayam. Uniknya, borscht tidak hanya bisa disajikan ketika masih hangat, namun bisa pula disajikan dalam keadaan dingin, terutama saat musim panas tiba. Borscht dingin dibuat dengan mencampurkan ubi bit dengan krim asam, susu asam, dan yogurt.

Demikan beberapa sajian sup khas Rusia yang lezat dan sehat. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya ?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *