Perihal Yang Harus Dicek Ketika Motor Maticmu Memunculkan Bunyi

PERIHAL YANG HARUS DICEK KETIKA MOTOR MATICMU MEMUNCULKAN BUNYI

Berita Terbaru Pernahkah motor maticmu muncul suara yang aneh? Selain mengganggu, jika terus dibiarkan berpotensi menjadi penyebab kecelakaan, loh. Sebab bisa jadi suara berisik tersebut berasal dari spare part yang mulai aus. Karena itu harus benar-benar dicek sumber permasalahannya.Mungkin di bagian-bagian ini yang bermasalah :

PERIHAL YANG HARUS DICEK KETIKA MOTOR MATICMU MEMUNCULKAN BUNYI

CVT motor kotor
Penyebab pertama mungkin berasal dari Continuously Variable Transmission (CVT) motor yang kotor. Kotoran tersebut biasanya berasal dari debu atau lumpur yang menempel dan bisa juga karena kampas ganda pada motor mulai bermasalah.

Karet penahan kampas ganda mulai mengeras
Mungkin bagian ini pun menjadi masalah, yaitu rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang mulai mengeras.

Apabila spare part ini mulai mengeras, kampas ganda motor kalian menjadi goyang karena tidak ada bagian yang menyangganya.

Kampas ganda yang goyang mengakibatkan terjadinya benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat kopling berada.

Grease atau gemuk pada pulley mulai bocor
Kalian juga harus memperhatikan grease atau gemuk pada pulley. Bisa jadi bagian motor kalian ini bocor, sudah mengeras atau sudah menipis loh.Hal ini juga mengakibatkan kampas ganda akan mudah bergoyang dan menimbulkan bunyi yang berisik.

Roller dan fan belt harus diperbaiki
Kemungkinan yang terakhir, bisa jadi terjadi kerusakan pada roller weight atau roller CVT. Tak hanya itu, kalian juga harus perhatikan kondisi fan belt yang mungkin juga sudah harus diganti.

Kalau kamu gak mau repot, silakan bawa bengkel
Solusi termudah adalah dengan membawa motor kalian ke bengkel resmi terdekat. Namun, jika kalian ingin memperbaikinya sendiri juga bisa loh. Pertama-tama kalian harus cek mangkok rumah kopling dan membersihkannya.

Kemudian tidak hanya itu, kita juga harus membersihkan kotoran yang ada di fan belt serta di rollernya.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk mu ya !

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *