Cara Tepat Dalam Merawat Aki Motormu

CARA TEPAT DALAM MERAWAT AKI MOTORMU

Berita Terbaru Jika kamu memiliki motor, ada beberapa aspek teknis yang harus diperhatikan dan harus kamu rawat. Supaya motor selalu berfungsi dengan baik, mereka harus berada dalam kondisi prima. Hal ini yang paling perlu diperhatikan adalah tenaga listriknya, yaitu dengan selalu melakukan perawatan aki motor.Dengan perawatan secara berkala, masalah aki motor bisa dicegah. Berikut ulasannya :

CARA TEPAT DALAM MERAWAT AKI MOTORMU

Periksa kondisi fisik aki
Semua aki motor harus diperiksa sekurang-kurangnya sekali sebulan. Bagian terminal harus dibersihkan untuk mencegah korosi yang bisa memicu masalah ketika motor dinyalakan. Sehingga, aki harus dibesihkan untuk mencegah penumpukan debu dan sedimen lain.

Pastikan kondisi konektor aki tidak longgar
Pemeriksaan aki sekali sebulan juga untuk mengetahui kondisi konektor aki. Konektor yang longgar berarti motor akan bisa sulit dinyalakan atau tidak bisa sama sekali. Aki juga harus diperiksa setelah mengalami kecelakaan minor.

Periksa kebocoran pada aki
Perawatan rutin juga untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran pada aki. Kadang terjadi air dari luar menyusup masuk dan memicu karat pada konektor yang terbuat dari logam. Kebocoran pada aki adalah masalah yang harus segera diperbaiki.

Perhatikan air destilasi
Level cairan aki motor harus diperiksa sekali seminggu. Lihat pada penanda level maksimal dan minimal yang tertera di aki.

Isi ulang cairan aki dengan air destilasi karena tidak ada kandungan mineral di dalamnya. Sehingga aki dapat bekerja dengan ringan dan tahan lama.

Isi ulang tenaga listrik aki
Tenaga listrik aki motor harus diisi ulang. Membiarkan aki tak diisi ulang akan membuat mereka aus, cepat rusak, dan menghambat fungsi motor. Sehingga, melakukan perawatan termasuk melakukan isi ulang tenaga listrik akan menghindarkan kamu dari masalah tak perlu pada motor.

Demikian beberapa perawatan aki motor yang bisa kamu lakukan. Periksakan secara rutin kondisi akimu agar motor tak bermasalah. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu !

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *