Macam-Macam tipe BENSIN Yang Wajib Diketahui

MACAM-MACAM TIPE BENSIN YANG WAJIB DIKETAHUI

Berita Terbaru Jika ke SPBU, kita dapat lihat ada bermacam tipe bahan bakar yang ada. Kalau untuk motor, kita mengenal setidaknya 3 tipe bensin: Pertamax, Pertalite, serta Premium. Ketiganya memiliki harga yang berlainan dengan nilai oktan yang tidak sama juga. Tetapi, ada banyak lho yang belum memahami bagaimana seharusnya tentukan pemakaian bensin yang tepat buat kendaraan.

Nah, kamu juga janganlah sampai salah . Berikut 5 hal yang perlu kamu tahu tentang hubungan di antara bensin dengan kendaraanmu. Jangan asal memakai, lho tidak baik bikin kendaraanmu!

MACAM-MACAM TIPE BENSIN YANG WAJIB DIKETAHUI

Tiap jenis bensin tidak sama nilai oktannya
Pengetahuan umum ini seharusnya telah diketahui pengendara motor. Walau saling bensin serta dapat dipakai jadi bahan bakar kendaraan, tetapi Premium, Pertalite, serta Peramax memiliki ketidaksamaan pada nilai oktannya. Apa, sih nilai oktan itu?

Nilai oktan atau bilangan oktan adalah angka yang memperlihatkan kualitas bahan bakar berdasar desakan yang ada sebelum bensin terbakar dengan mesin. Makin tinggi nilai oktannya, maka proses pembakaran akan makin baik serta mengecilkan ketukan (knocking) pada mesin.

Nah, agar semakin tahu, berikut nilai oktan (atau disebutkan dengan RON) pada tiap jenis bensin:

-Premium: 88
-Pertalite: 90
-Pertamax: 92

Nilai oktan berpengaruh pada skema pembakarannya dengan mesin motor
Jadi, keterangan masalah pembakaran pada mesin itu ini. Di mesin, akan terjadi campuran udara dengan bensin yang ditekan oleh piston sampai volume paling kecil. Nah, kemudian, campuran yang berbentuk gas itu akan dibakar oleh api yang berasal dari busi.

Bensin sendiri, dengan kimia, tersusun atas dua tipe senyawa, yaitu karbon (C) serta hidrogen (H). Keduanya terikat keduanya menjadi bahan bakar pada mesin. Nah, bahan bakar dengan nilai oktan tinggi akan terbakar lebih lamban hingga tidak tinggalkan endapan pada mesin. Endapan berikut yang umumnya membuat timbulnya knocking pada mesin yang membuat jadi terdengar bising.

Disamping itu, tiap tipe bensin juga dipakai berdasar rasio kompresi. Untuk lebih detilnya, berada di point setelah itu.

Berikut data jenis bensin yang pas untuk tiap motor, punyamu yang mana nih?
Tiap tipe motor memiliki rasio kompresi yang berlainan. Rasio kompresi adalah nilai yang memperlihatkan perbandingan di antara volume ruangan pembakaran dengan kapasitas terbesar sampai paling kecil. Jika kamu tidak paham apakah itu rasio kompresi, minimal kamu harus tahu berapakah rasio dari motormu berdasar info pada detail motor.

Semakin tinggi nilai oktan bensin, harga memang lebih mahal. Tetapi, tentunya mutunya makin baik. Karena itu, seharusnya jangan memakai tipe bensin hanya sebab harga murah, ya. Kamu harus memahami, nih tipe bensin mana yang pas dengan mesin motormu.

Bisa gak, sih jika bensinnya di campur?
Ini kemungkinan jadi pertanyaan yang sering tampil di kepala. Sebetulnya memang seharusnya kita tidak ganti-ganti tipe bensin untuk kendaraan sebab ini bisa punya pengaruh pada keadaan mesin. Seperti telah diterangkan di atas, makin tinggi nilai oktan, dia akan makin kemungkinan kecil untuk tinggalkan endapan atau kerak pada mesin serta membuat cepat panas.

Nah, sebetulnya seandainya kamu tidak sering ganti-ganti bensin itu tidak begitu permasalahan. Namun, kamu butuh memberikannya interval yang cukup panjang jika memang ingin ubah tipe bensin. Jika dapat, waktu isi bensin, tangki motormu sudah hampir kosong hingga pencampuran tidak akan berlangsung kebanyakan.

TIPS PENTING: Jangan isi tangki begitu penuh, ya!
Panduan ini kemungkinan tidak punya pengaruh langsung pada mesin, tetapi isi tangki sampai penuh sampai bensin meluber akan membahayakan sekitarmu. Tidak hanya bensin dapat mengakibatkan kerusakan cat, bila bensin menguap hal tersebut akan memunculkan polusi udara.

Lebih bahayanya , bensin adalah bahan yang benar-benar gampang terbakar hingga sedikit saja dia terserang api, maka timbul api yang lebih besar. Karena itu, jika bensinnya sampai meluber keluar tangki, seharusnya selekasnya membersihkan supaya tidak membahayakan yang lain.

Nah, itu 5 hal yang perlu kamu tahu tentang bensin yang menjadi bahan bakar motormu. Agar mesin motormu awet, pakai bensin yang sesuai spesifikasinya ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *