Fakta Tentang Tuna Sirip Biru Yang Sangat Mahal

FAKTA TENTANG TUNA SIRIP BIRU YANG SANGAT MAHAL

Berita Terbaru Terdapat beberapa bahan makanan yang mempunyai harga selangit. Diantaranya tuna sirip biru. Ikan yang akrab disebutkan tuna bluefin ini harga dapat sampai miliaran rupiah, lho.

Tunu sirip biru sendiri adalah ikan asli Samudra Atlantik Barat serta Timur. Ikan ini banyak dijual di Jepang. Ukuran serta berat ikan tuna sirip biru bisa melewati 450 kg, serta menyaingi marlin hitam, marlin biru, serta ikan todak sebagai ikan perciformes terbesar.

Lantas, apa yang membuat ikan tuna sirip biru jadi benar-benar mahal di pasar? Berikut faktanya seperti dilansir dari situs Mashed.

FAKTA TENTANG TUNA SIRIP BIRU YANG SANGAT MAHAL

Banyak dicari tetapi stoknya mulai menipis
Tuna sirip biru adalah salah satunya ikan yang terbanyak dicari. Ikan ini dipandang mempunyai rasa daging yang spesial, sebab lemaknya tinggi.

Tetapi sayangnya, populasi tuna sirip biru perlahan-lahan mulai alami penurunan, sebab kebanyakan diamankan. Ditambah lagi ikan ini tidak dapat hidup di penangkaran.

Jepang jadi customer paling besar tuna sirip biru serta sempat mendapatkan masukan keras dari dunia internasional, sebab penangkapan yang terlalu berlebih.

Memiliki kualitas daging yang baik
Tuna sirip biru diketahui jadi tipe ikan dengan kualitas yang benar-benar baik. Tuna tipe ini adalah salah satu yang bisa tumbuh besar serta sampai berat beberapa ratus kg per ekornya.

Seekor tuna sirip biru dewasa bisa sampai berat sampai 204 kg, serta lebih. Tidak hanya berat, tuna sirip biru dikenal juga mempunyai kandungan lemak yang tinggi serta rasa-rasanya imbang waktu sampai usia yang pas.

Sebab mutunya yang baik berikut membuat tuna sirip biru sering diproses jadi sushi di restoran-restoran papan atas.

Sempat cetak rekor laris Rp43 miliar
Pada Januari 2019, tuna sirip biru sempat cetak rekor jadi tuna paling mahal di dunia. Seekor tuna sirip biru dibeli seharga 333,6 juta Yen atau sama dengan Rp43,8 miliar.

Tuna seberat 278 kg itu dibeli oleh Kiyoshi Kimura, pemilik franchise restoran sushi Sushizanmai. Kiyoshi beli tuna sirip biru itu pada acara lelang di pasar ikan Tokyo.

Tuna sirip biru itu ditangkap di perairan utara Jepang, persisnya di Prefektur Aomori. Rekor ini pecahkan rekor pada 2013, dimana tuna sirip biru laris pada harga sekitar Rp25 miliar.

Itu beberapa fakta mengapa tuna sirip biru benar-benar mahal. Mengonsumsi ikan ini terus jadi pro-kontra tertentu sebab merusak habitat serta membuat terancam punah. Jika kamu sendiri masih ingin makan tidak, nih?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *