Kiat-Kiat Dalam Membersihkan Kamera Yang Tepat

KIAT-KIAT DALAM MEMBERSIHKAN KAMERA YANG TEPAT

Berita Terbaru Bukan hanya baju atau tempat tidur, camera butuh teratur dibikin bersih. Jika kamu tidak pernah bersihkan kamera dan lensanya, lebih baik bawa serta ke tempat servis untuk diatasi oleh ahlinya. Tapi, bila kamu ingin mengirit anggaran sekaligus juga melakukan eksperimen, kamu dapat mencoba bersihkan camera sendiri.

It’s not hard at all, cuma perlu kecermatan serta kehati-hatian untuk membersihkan semua bagian kamera. Sebelum mulai bersihkan, tahu basic-nya dahulu di sini!

KIAT-KIAT DALAM MEMBERSIHKAN KAMERA YANG TEPAT

Mengumpulkan alat-alatnya terlebih dahulu
First of all, kamu harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dulu. Apa sajakah?
Pertama, blower memiliki bahan karet untuk memompa udara serta bersihkan debu dan kotoran yang berada di dalam lensa. Bila dipakai dengan teratur, blower ini menahan penimbunan debu serta kotoran, jelas situs Dura Handphone.Lantas, kamu memerlukan kain memiliki bahan mikrofiber. Kain ini direncanakan spesial untuk bersihkan permukaan kaca pada lensa camera, jelas situs Life Wire. Jangan menggunakan kain lain sebab akan beresiko mengakibatkan kerusakan serta menggores lensa.Kamu membutuhkan lens cleaning pen untuk bersihkan camera serta lensa. Bulu-bulu halusnya dapat menghilangkan debu, kotoran serta sidik jari yang berada di lensa, jelas situs Ultimaxx. Cara penggunaan serta penyimpanannya juga gampang.Serta tentunya kamu membutuhkan cairan pembersih lensa. Perlu diingat, jangan menyemprotkan cairan ini langsung ke permukaan lensa. Semprotkan dahulu ke tisu atau lembaran kain, lantas usap permukaan lensa dengan kain ini, pendapat situs Shutterbug.

Pakai blower untuk membersihkan lensa terlebih dulu
Tidak butuh memisahkan lensa dari camera dahulu. Pakai blower untuk bersihkan partikel debu serta kotoran yang berada di permukaan lensa, jelas situs CNet. Pompa blower dengan satu tangan, sesaat tangan yang lain menggenggam camera.Jika masih ada partikel debu serta kotoran di lensa, semprotkan cairan pembersih lensa ke kain mikrofiber, lantas usap permukaan lensa dengan perlahan-lahan. Kamu dapat juga menggunakan tisu bebas abrasif serta tanpa ada serat lantas usap secara halus supaya lensa tidak tergesek.

Pasang UV filter membuat perlindungan lensa
UV filter memiliki peranan ganda, yaitu untuk menghambat cahaya ultraviolet sekaligus juga membuat perlindungan lensa dari efek debu, kotoran, sidik jari, air serta pecah. Jika satu waktu UV filtermu rusak, kamu tidak butuh bimbang. Ubah saja dengan UV filter yang baru! Harga murah, rata-rata dibawah Rp100 ribu, dapat didapat di toko camera atau online shop.

Kamu dapat juga bersihkan sensor, tapi butuh kehati-hatian
Sensor tak perlu dibikin bersih terus-terusan, terkecuali kamu seringkali ganti-ganti lensa. Seringkali bertukar lensa bermakna tingkatkan efek debu serta kotoran masuk ke sensor lewat udara.

Jika sensor begitu kotor, maka punya pengaruh ke hasil foto. Pertama-tama, letakkan bodi kamera di tempat yang datar dengan pencahayaan yang jelas.

Lalu, dalam keadaan menyala, mengatur camera ke model pembersihan. Maksudnya supaya cermin di muka sensor terangkat serta menutup pada urutan terbuka.

Hingga, kamu memiliki akses untuk bersihkan sensor. Penataan ini tidak sama pada setiap camera. Di Nikon D50, penataan ini namanya Mirror Lock-Up, tutur situs CNet memberi contoh.

Gunakan swab untuk membersihkan sensor
Sebelum bersihkan sensor, yakinkan kamera dalam keadaan terisi penuh serta telah diisi daya awalnya. Lantas, pakai bulb blower untuk menghilangkan partikel kotoran yang berada di sensor.

Juga bisa menggunakan alat namanya swab untuk membersihkan sensor. Sesudah usai, matikan camera untuk turunkan cermin, papar situs CNet.

Jangan lupa membersihkan bagian viewfinder
Beberapa orang lepas bersihkan bagian viewfinder. Walau sebenarnya, viewfinder kotor sebab debu, kotoran, minyak dari muka serta sel kulit mati manusia, jelas situs How to Clean Things.

Seperti biasa, teteskan cairan pembersih ke kain mikrofiber, lantas usap secara halus serta perlahan-lahan. Pilihan lain, kamu dapat juga menggunakan cotton bud.

Jangan lupa bersihkan bagian bodi kamera
Last one, janganlah lupa bersihkan sisi body camera. Sisi body ialah yang paling kotor serta dipenuhi dengan sidik jari kita.

Ditambah lagi, bila wajah kita bersentuhan dengan bodi, membuat minyak serta sel kulit mati dari muka melekat, terutamanya dibagian layar. Kamu dapat menggunakan lens cleaning pen untuk bersihkan sisi yang susah dicapai.

Bila ragu, serahkan kamera ke ahlinya
Bila kamu merasakan belum kompeten serta tidak siap bersihkan camera sendiri dengan semua resikonya, bawa serta camera ke tempat pembersihan camera profesional. Walau harga lebih mahal dibanding membersihkan sendiri, tetapi minimal kameramu ada di tangan yang aman. Selanjutnya, kameramu akan kinclong kembali!

Nah, itu langkah-langkah membersihkan kamera secara baik yang perlu kamu tahu. Mudah-mudahan pengetahuan ini bermanfaat untukmu suatu saat nanti, ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *