Hewan-Hewan Terkuat Di Dunia

HEWAN-HEWAN TERKUAT DI DUNIA

Berita Terbaru Hewan atau fauna hidup dalam habitat serta ekosistemnya semasing, umumnya dari hewan itu tidak selamat bila tidak ada dalam habitat yang pas. Tetapi nyatanya ada hewan yang dapat menyesuaikan di habitat yang benar-benar ekstrem. Proses evolusi serta perubahan genetik jadi kunci bagaimana mereka bisa selamat dari keadaan ekstrem yang mematikan itu. Berikut lima hewan yang dapat hidup dalam habitat yang benar-benar ekstrem, apa sajakah?

HEWAN-HEWAN TERKUAT DI DUNIA

Tardigrada
Apa kamu pernah dengar nama hewan ini? Atau jangan-jangan kamu menduga jika gambar di atas ialah makhluk asing yang datang dari planet lain? Yup, kenyataannya tardigrada memang seperti alien.

Menurut situs sains livescience.com, tardigrada adalah hewan kecil yang benar-benar kuat. Hewan yang besarnya tidaklah sampai 2 mm ini dapat hidup dimanapun, dari mulai puncak gunung Himalaya, sampai fundamen samudera terdalam sekalinya.

Hebatnya , tardigrada dapat hidup dalam suhu beku (0 derajat celcius) serta suhu panas di atas suhu didih air (151 derajat celcius), tetapi pasti cuma dalam waktu sebentar. Luar biasa bukan ? Bila belum juga cukup mencengangkan kamu, tardigrada dapat bertahan ditengah-tengah radiasi sebesar 570.000 Rad, atau sekitar 1000 kali lebih tinggi dibanding dengan radiasi optimal yang bisa diterima oleh hewan yang lain.

Masih kurang ? Tardigrada dapat juga hidup tanpa ada air selama bertahun-tahun. Hewan super ini serta dapat bertahan sepanjang beberapa waktu tanpa ada oksigen. Dan satu , hewan seperti kutu ini bisa terima desakan sebesar 6000 atm alias hampir enam kali semakin besar dibanding tekanan palung laut terdalam di dunia.

Mikroba strain atau galur 121
Ada semacam mikroba yang dikasih julukan strain 121 oleh beberapa ilmuwan biologi. Mikroba ini bisa hidup serta berkembang biak dengan normal pada suhu yang benar-benar ekstrem.

Merilis newscientist.com, suhu dibawah laut, khususnya di fundamen palung atau samudera dapat sampai suhu panas yang tinggi sekali. Serta mikroba ini dapat hidup serta menyesuaikan pada suhu 121 derajat celcius.

Kemampuan mikroba tipe strain 121 yang bisa menahan suhu panas disebabkan oleh proses evolusi yang benar-benar panjang. Bila umumnya hewan yang lain cuma bertahan dalam waktu yang sebentar, mikroba ini bisa bertahan serta hidup dengan nyaman dalam waktu yang benar-benar lama.

Rubah Ruppell
Tidak cuma hewan kecil sekelas mikroba yang mampu bertahan di habitat berlebihan. Dari kelas mamalia ada juga juaranya lho, yaitu rubah Ruppell.

Rubah ini mempunyai habitat di gurun Afrika serta Timur Tengah yang tandus. Rubah Ruppell adalah salah satunya mamalia yang mampu hidup ditengah-tengah suhu yang sampai 70 derajat celcius.

Mamalia ini jarang mengeluarkan air urin hingga jumlahnya air dari dalam tubuhnya bisa dipertahankan supaya tidak alami dehidrasi.

Cacing tabung
Kemungkinan dapat disebutkan jika cacing tabung adalah salah satu spesies yang mampu hidup lama di habitat air asam serta gas beracun. Cacing tabung ini mampu bertahan hidup di kedalaman 8000 kaki dibawah permukaan laut.

Hebatnya , cacing ini bukanlah cuma bisa hidup dalam lingkungan beracun, tetapi mengubah toksin itu jadi daya serta sumber karbohidrat.

Habitat yang benar-benar beracun serta tidak dapat ditempati oleh makhluk yang lain, malah bawa keuntungan tertentu buat cacing tabung. Tidak hanya bisa menolong mengubah karbohidrat, toksin tadi dapat membuat perlindungan cacing tabung dari predator.

Muskox
Muskox ialah hewan semacam bison Amerika, tetapi mempunyai badan yang lebih kecil serta populasinya pun tidak sekitar bison.

Muskox mempunyai dua susunan kulit tebal yang ditumbuhi oleh rambut yang lebat. Kadang bulu-bulu yang tumbuh di permukaan kulit dapat tumbuh sampai sentuh tanah.

Dengan ketebalan mantel alaminya itu, muskox bisa hidup normal ditengah-tengah suhu -50 derajat celcius. Serta pernah disampaikan jika muskox bisa bertahan di suhu -70 derajat celcius tanpa ada kesusahan bermakna.

Itu lima spesies hewan yang bisa hidup dalam habitat yang benar-benar ekstrem. Mudah-mudahan artikel ini bisa meningkatkan wacana kamu di bagian fauna, ya!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *