Tips-Tips Dalam Mengasuh Balita Dalam Umur 0-3 Tahun

TIPS-TIPS DALAM MENGASUH BALITA DALAM UMUR 0-3 TAHUN

Berita Terbaru Umur balita yakni 0-3 tahun pertama si kecil ialah waktu penting buat tumbuh kembangnya. Mengenai salah satunya terbagi dalam perubahan ciri-ciri, prestasi, serta perkembangan fisiknya. Di samping tingkah laku si kecil di usia ini yang seringkali menggemaskan Anda, tetapi orangtua butuh memahami jika pola asuh yang diberi pada anak di umur ini akan dibawa anak sampai dewasa.

Memanjakan anak sesekali tidak masalah kok. Tetapi jika terus-terusan, tidak bingung jika anak tumbuh jadi anak yang manja serta tergantung pada Anda. Menurut Psikolog dari Universitas Indonesia, Rose Mini Agoes Salim, ada beberapa hal yang penting dikerjakan orangtua supaya tumbuh kembang si kecil terbangun secara baik. Mencuplik dari laman Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia, ialah seperti berikut:

Pertama, orangtua harus untuk memupuk penyesuaian balita dengan lingkungannya; kedua, membuat hubungan anak dengan orangtua; ketiga, pastikan pemberian gizi dengan maksimal; dan ke empat, terus melatih gerak fisik serta keyakinan diri pada anak balita Anda.

TIPS-TIPS DALAM MENGASUH BALITA DALAM UMUR 0-3 TAHUN

Disamping itu, psikolog yang akrab dipanggil Bunda Romi itu menjelaskan pada bayi berumur 0-12 bulan, orangtua perlu merangsang semua kemampuan panca indera anak. Mengenai triknya yaitu:

  • Menyediakan beberapa benda yang tidak sama bentuk, warna, skema, serta bunyi
  • Banyak bicara pada bayi dengan lihat muka
  • Memberi makanan dengan variatif pada bayi sesuai usianya
  • Ajak bayi bermain seperti bermain sembunyi benda, cilukba, dan lain-lain.

“Bayi umur 0-12 bulan itu menyatakan keinginan atau berkomunikasi dengan menangis dan setelah itu melalui bahasa tubuh yang harus dimengerti oleh orang-tua,” katanya.


Karenanya, supaya orang-tua bisa tangkap kemauan si anak, yang perlu dilakukan ialah mengajak bayi bicara, Anda perlu mempelajari bahasa tubuhnya untuk mengetahui arti gerak-gerik sehari-harinya si kecil, dan terlibat percakapan dengan anak balita dalam bahasa badan yang baku.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *