Apa Itu Penyakit Tennis Elbow?

APA ITU PENYAKIT TENNIS ELBOW?

Berita Terbaru Apakah kamu seringkali mengalami ngilu pada siku bagian luar? Bila iya, kamu pantas waspada penyakit tennis elbow. Ditambah lagi bila kamu seringkali melakukan aktivitas memakai lengan seperti olahraga tenis, badminton, melukis, atau mengecat. Tennis elbow di dunia medis disebutkan dengan lateral epicondylitis. Untuk mengetahui selanjutnya mengenai penyakit ini, baca beberapa fakta tennis elbow berikut.

APA ITU PENYAKIT TENNIS ELBOW?

Definisi
Tennis elbow adalah keadaan peradangan pada sendi serta otot sisi siku. Bila siku seringkali dipakai berkali-kali karena itu otot serta tendon di seputar siku bisa alami robekan serta berlangsung peradangan. Keadaan ini banyak berlangsung pada populasi berumur 30-50 tahun, khususnya pada pekerja yang seringkali memakai siku.

Pemicu
Otot serta tendon pada siku yang seringkali dipakai terlalu berlebih serta berkali-kali bisa alami kemelut. Hal tersebut bisa mengakibatkan robekan pada otot dan tendon. Beberapa kegiatan yang bisa mengakibatkan tennis elbow diantaranya:

-Olahraga tenis, badminton, serta golf
-Melukis
-Menggunting
-Mengecat
-Bermain beberapa instrumen musik seperti drum serta gitar
Semua kegiatan yang memakai lengan serta siku secara berlebihan bisa beresiko terserang tennis elbow.

Tanda-tanda
Pasien tennis elbow akan rasakan rasa ngilu pada siku sisi luar serta bisa menyebar ke lengan serta pergelangan tangan. Rasa ngilu akan makin berasa waktu memegang atau mengusung benda. Awalannya rasa ngilu berasa mudah, tapi bila tidak selekasnya diatasi karena itu rasa ngilu aman berasa berat. Penyakit ini tidak membahayakan nyawa, tapi bisa mengganggu pekerjaan setiap hari.

Pemeriksaan
Untuk menganalisis penyakit ini dokter akan bertanya tanda-tanda yang dirasakan pasien. Dokter akan mengecek keadaan siku dengan minta pasien menggerakkannya ke beberapa arah serta mengecek dibagian mana rasa nyerinya. Untuk lakukan kontrol lebih dalam serta tahu peluang pemicu lain, dokter akan minta rontgen atau MRI.

Penyembuhan
Untuk kurangi rasa ngilu dokter akan memberi resep obat anti ngilu serta anti radang. Lengan serta siku harus diistirahatkan serta jangan diminta untuk melakukan aktivitas. Bila rasa ngilu masih seringkali ada karena itu dokter akan merekomendasikan fisioterapi. Aksi bedah untuk melakukan perbaikan keadaan otot serta tendon dapat jadi jalan paling akhir bila cara-cara di atas tidak sukses.

Pencegahan
Berikut cara-cara untuk mencegah berlangsungnya tennis elbow:

-Lakukan pemanasan serta pendinginan waktu olahraga
-Lakukan latihan untuk memperkuat otot lengan
-Hindari kegiatan yang memakai lengan serta siku terlalu berlebih
-Pilih perlengkapan raket yang mudah untuk tenis atau badminton.

Itu beberapa fakta mengenai tennis elbow. Jangan begitu memaksakan kegiatan lengan serta sikumu ya. Serta janganlah lupa untuk cukup beristirahat.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *