Inilah Pekerjaan Rumah Quique Setien Pada Barcelona

INILAH PEKERJAAN RUMAH QUIQUE SETIEN PADA BARCELONA

Berita Terbaru Quique Setien baru-baru ini diangkat sebagai alternatif Ernesto Valverde di Barcelona. Setien diikat dengan kontrak berdurasi 2,5 tahun di Camp Nou.

Metro pernah menulis melatih Barcelona adalah salah satu keinginan terbesar Setien dalam profesinya. Sementara Barcelona memilih Setien sebab dipandang pas dengan filososi permainan klub yang mengangkat sepak bola menyerang.

Keputusan Barcelona menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru dipandang cukup megejutkan. Mantan pelatih Real Betis itu bukan figur yang terkenal.

Dia kurang diketahui publik Camp Nou. Sebelum dipilih sebagai pelatih Barcelona, Setien dengan status menganggur, sesudah dikeluarkan Real Betis sebab hubungan dengan manajemen klub memburuk.

Tetapi keputusan sudah dibuat. Sekarang, pria berumur 61 tahun itu sah duduk di bangku kepelatihan Blaugrana. Bersama dengan Barca, Quique Setien punya beberapa pekerjaan berat.

Minimal ada empat pekerjaan berat yang menunggu Quique Setien di Barcelona. Berikut perinciannya.

INILAH PEKERJAAN RUMAH QUIQUE SETIEN PADA BARCELONA

Maksimalkan Pemain Tidak Terpakai
Bersama dengan Barcelona, Quique Setien dituntut dapat memaksimalkan pemain yang dipunyai. Contohnya Philippe Countinho yang sekarang justru dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Walau sebenarnya, Coutinho punya perform yang cukup dapat dihandalkan. Dia dituntut memaksimalkan tampilan Arthur Melo serta Ousmane Dembele. Beritanya, tiga pemain ini dapat jadi pilihan trio yang menolong serangan dalam pola Setien.

Tidak cuma trio itu, Setien dituntut mulai cari pilihan pemain muda yang dapat jadikan sandaran hari esok club.

Hal tersebut telah dilakukan pada sesi latihan pertamanya bersama dengan Barca. Setien memberikan peluang berlatih pada pemain muda yang jarang dipanggil Valverde, seperti Inaki Pena, Araujo, Carles Perez, Riqui Puig, serta Ansu Fati.

Kembali Terapkan Tiki Taka
Untuk menarik perhatian supporter Barcelona, banyak yang menginginkan Quique Setien mengembalikan strategi yang membuat Barcelona menjadi klub perkasa dan tak terkalahkan.

Strategi itu ialah tiki-taka. Sebenarnya, Pep Guardiola ialah pelatih yang menerapkan strategi itu di Barcelona.

Tetapi, akan jadi daya tarik tertentu bila Quique Setien dapat membawa kembali keindahan tika-taka ke Camp Nou. Dia dapat juga mengambil hati Barcelonistas bila sukses membawa tika-taka kembali. Tiki-taka menjadi salah satunya strategi yang paling disenangi fans Barcelona.

Kembalikan Performa Gerard Pique
Ini kemungkinan akan menjadi salah satu tugas yang paling sulit Quique Setien di Barcelona. Blaugrana punya beberapa pemain bertahan kelas dunia, tetapi beberapa di antaranya sedang dalam keadaan tidak maksimal.

Misalnya Gerard Pique. Performa bek berumur 32 tahun itu sebaiknya tidak perlu diragukan . Tetapi, tampilan Pique bersama dengan Ernesto Valberde dipandang tidak maksimal.

Permasalahannya, bek asal Spanyol itu tengah berbeda memahami dengan manajemen Baracelona. Akan menjadi pekerjaan berat Setien untuk kembali membuat dua pihak yang berselisih itu akur.

Bila Gerard Pique sukses tampil maksimal, kemungkinan besar pertahan Barcelona jadi posisi terkuat di La Liga.

Persembahkan Treble
Belumlah ada tiga hari Quique Setien memegang jadi pelatih Bracelona, tetapi Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, sudah meningkatkan beban Setien.

Bartomeu mengharap supaya Setien dapat persembahkan treble winner untuk Blaugrana, bila tidak musim ini, minimal satu kali selama profesinya di Camp Nou. Itu bermakna Setien harus mengusung trofi Liga Champions, Copa del Rey, serta Liga Spanyol.

Keadaan itu terhitung berat. Reputasi Setien tidak cemerlang. Selama ini, Barcelona baru dua kali merengkuh treble winner.

Pertama bersama dengan Pep guardiola pada musim 2008-2009 serta yang kedua bersama dengan Luis Enrique pada 2014-2015. Sekadar informasi, dua pelatih yang pernah merengkuh treble bersama dengan Barca itu punya catatan mengagumkan di kancah internasional.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *