Quique Setien Dipilih Untuk Melatih Barcelona, Inilah Profilnya !

QUIQUE SETIEN DIPILIH UNTUK MELATIH BARCELONA, INILAH PROFILNYA !

Berita Terbaru Sesudah sempat menjadi pertaruhan sepanjang beberapa waktu, Barcelona pada akhirnya sah menunjuk bekas pelatih Real Betis, Quique Setien, sebagai alternatif Ernesto Valverde. Valverde sendiri dikeluarkan selesai kalah dengan menegangkan dari Atletico Madrid di ajang Supercopa de Espana kemarin. Kegagalan Barcelona di tempat ini berimbas pada nasib bekas pelatih Espanyol ini yang pada akhirnya ditendang keluar dari Camp Nou.Lalu, mengenai Setien, bagaimana prediksi Barcelona dibawah tangan dinginnya?

QUIQUE SETIEN DIPILIH UNTUK MELATIH BARCELONA, INILAH PROFILNYA !

Cemerlang dengan strategi serta pengembangan pemain, Setien akan jadi jodoh yang cocok untuk Barcelona
Pada tahun 2019 lalu, dalam satu interviu dengan The Coaches Voice, Setien pernah mengutarakan jika Barcelona asuhan Johan Cruyff ialah inspirasinya. Sekarang, dia berada di Barcelona untuk melanjutkan nilai-nilai sepak bola ala Cruyff yang demikian ia agungkan.

“Bermain melawan Barcelona-nya Cruyff, kamu akan menghabiskan selama pertandingan berlarian memburu bola. Lalu saya katakan ke diri saya sendiri: ‘Ini yang saya senang. Saya ingin berada di tim seperti ini serta mencari tahu mengapa mereka dapat bermain seperti ini’,” tutur Setien saat itu.

Dengan karier terbaik tercatat saat membesut Real Betis, Setien memang populer dengan pendekatan strategi yang memprioritaskan perebutan bola serta permainan menyerang yang memikat. Nilai ini benar-benar pas dengan kultur sepak bola di Camp Nou.

Ditambah lagi, semasa di Betis, dia dapat dibuktikan piawai mengoles talenta pemainnya dari mulai Giovani Lo Celso (sekarang di Tottenham Hotspur) serta Fabian Ruiz (sekarang di Napoli). Jangan lupa, dia dapat melambungkan beberapa pemain jempolan seperti Junior Firpo, yang khasnya, sekarang berada di Barcelona.

Hal sama dapat dia aplikasikan di Barcelona sebab La Masia, akademi mereka yang tersohor itu, tidak kekurangan talenta baru. Dari mulai Ansu Fati sampai Riqui Puig, semua siap dipoles. memaksimalkan peranan Frenkie de Jong, yang tidak mengilap saat dibalut oleh Valverde.

Tetapi, Setien bisa saja pilihan yang berbahaya
Setien di Betis ialah Setien yang bermain sepak bola menyerang, dapat membuat serangan secara baik dari penjaga gawang, serta tampil menguasai selama pertandingan dengan perebutan bola. Tetapi, pantas dicatat, Setien di Betis memiliki permasalahan akut yaitu posisi serang mandul serta tidak ada trofi.

Bila pencapaian trofi dapat dikesampingkan, permasalahan posisi serang ini menjadi “penyakit Setien”. Beberapa pemain andalan Setien di Betis ialah barisan gelandangnya dengan beberapa nama seperti Mauricio Lemos, Lo Celso, sampai Fabian Ruiz. Tetapi, dia tidak punya striker haus gol yang dapat dipoles jadi jagoan.

Di Barcelona, dia tidak cuma diberkahi oleh Lionel Messi, tetapi figur flamboyan asal Prancis, Antoine Griezmann. Dapatkah Setien menunjukkan jika dia bukan pelatih spesialis klub medioker dengan sumber daya yang berada di Barcelona?

Klausul kontrak unik Setien di Barcelona
Menurut berita yang dikutip dari ESPN, klausul kontrak yang beritanya diberi Barcelona oleh Setien berisi klausul pemutusan sepihak setiap saat bila klub merasakan performa Barcelona tidak bagus bersama dengan Setien.

Setien sendiri dikontrak selama dua tahun sampai 2022, menyingkirkan Xavi Hernandez, yang disebut akan kembali pada Barcelona tetapi ditahan Al Sadd minimal sampai musim panas 2020.

Apa ini berarti Setien cuma pelatih peralihan sambil menanti Xavi kembali pada Catalan? Atau malah, Barcelona dibawah Setien malah menjelma jadi klub mengerikan seperti masa Pep Guardiola dulu?

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *