OLAHRAGA-OLAHRAGA YANG AMPUH ATASI STRES

OLAHRAGA-OLAHRAGA YANG AMPUH ATASI STRES

Berita Terbaru Menurut sebuah riset yang diedarkan dalam Journal of Sport and Exercise Psychology, didapat bukti jika kegiatan yang tingkatkan denyut jantung bisa melejitkan pelepasan endorfin yang menyebabkan kebahagiaan. Beberapa periset menjelaskan jika orang yang lebih aktif dengan fisik condong merasakan kebahagiaan serta antusiasme yang semakin besar dibanding orang yang tidak aktif. Diluar itu, olahraga nyatanya dapat kurangi depresi serta meningkatkan kualitas tidur. Ini membuat olahraga jadi salah satunya pilihan yang pas dalam perawatan stres. Lantas kira-kira apa sajakah olahraga yang ampuh untuk menantang tanda-tanda depresi? Melansir dari everyday health, berikut beberapa di antaranya.

OLAHRAGA-OLAHRAGA YANG AMPUH ATASI STRES

Lari
Sampai sekarang, latihan aerobik dapat dibuktikan paling ampuh dalam melawan stres. Sementara dosis yang pas dari latihan untuk melawan stres masih diperdebatkan, beberapa pakar mereferensikan 20 sampai 30 menit tiap hari dalam seminggu.Runner’s high sendiri ialah sensasi bahagia yang dirasa oleh beberapa orang saat sedang lari. Ini juga yang diakui membuat beberapa orang kemudian ketagihan lari.Euforia itu dikarenakan oleh pelepasan endorfin di otak jadi tanggapan pada kegiatan fisik yang berkelanjutan. Endorfin ialah morfin alami badan yang saat dilepaskan oleh kelenjar spesial di otak kita, ini bisa membuahkan perasaan senang serta turunkan tingkat rasa sakit.

Latihan kekuatan
Menurut everyday health, latihan kekuatan yang teratur sepanjang 10 minggu dapat dibuktikan ampuh kurangi tanda-tanda stres pada pasien pasien stroke. Ini bisa saja karena latihan kekuatan fokus pada penguasaan serta pengaturan konsentrasi, dan pembentukan otot jadi bonusnya.Untuk kamu yang ingin mengawali latihan ini, kamu butuh dari mulai level yang paling mudah, serta akan lebih baik jika kamu memakai pertolongan pelatih pribadi.

Yoga
Latihan yoga 2 kali satu minggu sepanjang 2 bulan dapat dibuktikan dapat turunkan tanda-tanda stres dengan relevan dibandingkan wanita yang tidak lakukan yoga. Menurut Norman E. Rosenthal, MD, satu orang profesor klinis psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Georgetown di Washington, D.C., yoga mempunyai dampak antidepresan yang mengagumkan sebab meningkatkan elastisitas, menyertakan konsentrasi, buang pemikiran negatif, tingkatkan kemampuan, lancarkan pernapasan, meningkatkan keseimbangan, dan mengandung elemen meditasi.Dia merekomendasikan supaya kamu memulai session latihan yoga ini di kelas spesial serta dengan pertolongan pelatih agar kamu dapat pastikan jika kamu melakukan pergerakan dengan benar.

Tai chi
Seperti yoga, pergerakan tai chi yang lamban serta lembut ialah unsur yang bisa menolong kamu terlepas dari stres atau masalah mental lain. Dalam satu riset pada pasien stres berumur lanjut, mereka yang teratur lakukan tai chi selama tiga bulan menunjukkan penurunan tanda-tanda stres yang signifikan.Beberapa periset mengaitkan jika segi sosial tai chi, yang dikerjakan dengan berkelompok bertindak dalam tingkatkan efektivitas tai chi.

Melompat
Jika kamu perlu yang instant serta gampang dilakukan, kamu dapat meloncat-loncat untuk menangani tanda-tanda stres sesegera mungkin. Tetapi bila kondisinya tidak sangat mungkin kamu untuk meloncat-loncat, kamu dapat mencoba pergerakan menekuk lutut selanjutnya berdiri secepat mungkin selama beberapa waktu. Pergerakan ini dapat dibuktikan dapat mengoksigenasi otak serta melepas endorfin yang menyebabkan perasaan bahagia dan turunkan depresi.

Demikianlah beberapa olahraga yang diakui ampuh menangani tanda-tanda depresi. Tidak hanya lakukan olahraga di atas, yakinkan pasien memperoleh perawatan, seperti obat serta terapi dari ahlinya.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *