Pemicu Dahak Berdarah Serta Cara Menanganinya

PEMICU DAHAK BERDARAH SERTA CARA MENANGANINYA

Berita Terbaru Dahak berdarah kemungkinan membuat Anda cemas serta cemas. Walau sebenarnya, keadaan ini bisa dikarenakan oleh bermacam hal, dari mulai yang biasa sampai keadaan medis yang serius. Untuk kurangi rasa cemas, Anda butuh mengetahui beragam pemicu dahak berdarah serta langkah penanganannya.Dahak dibuat oleh sistem pernafasan. Umumnya dahak akan keluar waktu Anda batuk. Dahak berlainan dengan air liur yang dibuat oleh kelenjar ludah di mulut. Ketika keluar dahak berdarah, maka kemungkinan sedang terjadi masalah di saluran pernafasan.

PEMICU DAHAK BERDARAH SERTA CARA MENANGANINYA

Beragam Pemicu Dahak Berdarah
Dahak berdarah dapat mengisyaratkan terdapatnya cedera atau luka pada saluran pernafasan. Pemicu yang paling umum ialah batuk yang terlalu keras karena dahak susah dikeluarkan. Diluar itu, beberapa kondisi berikut juga bisa mengakibatkan munculnya darah pada dahak:

-Infeksi pada sistem serta saluran pernapasan, seperti tuberkulosis serta pneumonia.
-Bronkiektasis
-Cystic fibrosis.
-Emboli paru serta edema paru.
-Kanker paru-paru serta kanker
-Penggunaan obat antikoagulan.
-Batuk yang berat serta telah berlangsung lama.
Pada beberapa anak, masuknya bahan atau benda asing ke aliran pernafasan dihubungkan dengan munculnya dahak berdarah.

Langkah Penanganan Dahak Berdarah
Saat mengalami dahak berdarah, Anda dianjurkan untuk lakukan kontrol ke dokter. Dokter akan lakukan tanya-jawab lengkap mengenai keluhan yang Anda alami, diteruskan dengan kontrol fisik menyeluruh. Apabila dibutuhkan, akan dilakukan kontrol pendukung, seperti tes dahak, tes darah, rontgen dada, CT scan, dan bronkoskopi.

Beberapa kontrol itu dilakukan untuk mengetahui pemicu dahak berdarah yang Anda alami, hingga dokter bisa memberi perlakuan yang pas.

Penanganan dahak berdarah akan sesuai dengan sebabnya. Bila dahak berdarah dikarenakan oleh infeksi bakteri, seperti tuberkulosis serta pneumonia, dokter akan memberi obat antibiotik. Bila dikarenakan oleh tumor atau keganasan, kemungkinan dibutuhkan tindakan serta penyembuhan tertentu.

Anda dianjurkan untuk jalani penyembuhan yang diberi oleh dokter sampai selesai. Sedapat mungkin jauhi penyembuhan alami, herbal, atau therapy lain, tanpa ada berdiskusi dahulu dengan dokter.

Mencegah Dahak Berdarah
Bermacam penyakit serta masalah di saluran pernafasan bisa mengakibatkan dahak berdarah. Untuk mencegahnya, Anda butuh menjaga kesehatan sistem pernafasan secara baik. Triknya ialah seperti berikut:

Berhenti merokok
Jika Anda ialah seseorang perokok, cepatlah berhenti merokok, sebab rokok memiliki kandungan bermacam toksin yang bisa membahayakan skema serta aliran pernafasan. Diluar itu, jauhi paparan asap rokok, sebab perokok pasif dapat alami efek yang sama jeleknya dengan perokok aktif.

Jauhi menghirup debu serta asap
Sedapat mungkin pakai masker atau pelindung untuk menghindarkan paparan debu serta polusi udara, seperti asap kendaraan atau asap pabrik. Paparan debu serta asap dapat meningkatkan efek timbulnya masalah pada paru-paru serta aliran pernafasan. Diluar itu, paparan debu serta asap rokok dapat juga jadi memperburuk aduan pasien penyakit paru obstruktif akut (PPOK), asma, serta infeksi paru-paru.

Memperbanyak minum air putih
Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi serta memperhatikan kesehatan badan keseluruhannya, minum air putih dalam jumlahnya yang cukup dapat mengencerkan dahak hingga lebih gampang dikeluarkan.

Walau tidak selamanya berbahaya, dahak berdarah bisa jadi menandakan terdapatnya satu kondisi yang serius. Untuk menghindarinya, sebisa mungkin menjaga kesehatan skema pernafasan lewat beberapa cara yang dipaparkan di atas. Apabila Anda alami dahak berdarah, lakukan kontrol ke dokter untuk memperoleh perlakuan yang pas.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *