Macam-Macam Efek Kekurangan Vitamin A Pada Ibu Hamil

MACAM-MACAM EFEK KEKURANGAN VITAMIN A PADA IBU HAMIL

Berita Terbaru Efek kekurangan vitamin A pada ibu hamil tidak sama juga dengan efeknya pada umumnya. Ini lantaran kekurangan vitamin A akan merubah keadaan kandungan serta janin.Vitamin A dibutuhkan dalam beberapa tingkatan serta babak kehidupan wanita. Saat hamil, vitamin A dibutuhkan untuk proses perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, serta tulang janin.

Sesudah melahirkan, vitamin A dapat membantu melakukan perbaikan jaringan tubuh ibu, menurunkan efek berlangsungnya infeksi, menguatkan daya tahan tubuh, serta memperhatikan kesehatan penglihatan.Pada ibu hamil, kekurangan vitamin A umumnya berlangsung pada trimester ketiga. Ini dikarenakan oleh peningkatan keperluan vitamin A karena bertambahnya volume darah dan perkembangan janin yang cepat.Meskipun jarang terjadi, kekurangan vitamin A umumnya akan memunculkan masalah penglihatan serta kekurangan sistem imun. Diluar itu, ibu hamil yang mengalami kekurangan vitamin A dapat juga alami beberapa efek tersebut:

MACAM-MACAM EFEK KEKURANGAN VITAMIN A PADA IBU HAMIL

Keguguran
Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan efek keguguran pada ibu hamil. Satu riset menemukan terdapatnya hubungan di antara kekurangan vitamin A waktu kehamilan dengan kesuburan serta berlangsungnya keguguran spontan.

Xerophthalmia
Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan xerophthalmia. Ini dapat juga berlangsung pada ibu hamil. Xerophthalmia adalah penyakit progresif yang ditandai dengan mata kering. Keadaan ini perlu diatasi segera, sebab dapat menyebabkan kebutaan.

Kebutaan
Pada umumnya, kekurangan vitamin A bisa turunkan ketajaman pandangan, khususnya di sore serta malam hari. Kekurangan vitamin A bahkan juga dapat meningkatkan efek terjadinya kebutaan.

Anemia zat besi
Orang yang alami kekurangan vitamin A condong mempunyai kandungan zat besi yang rendah, hingga rawan alami anemia. Keadaan ini dapat juga terjadi pada ibu hamil.

Memenuhi Keperluan Vitamin A waktu Hamil
Satu diantara langkah simpel yang bisa dilakukan untuk penuhi keperluan vitamin A ialah mengaplikasikan pola makan yang sehat dengan gizi imbang selama masa kehamilan. Beberapa macam makanan yang kaya kandungan vitamin A tersebut dapat jadi pilihan:

-Sayuran berwarna hijau serta kuning, seperti wortel, labu, serta brokoli.
-Buah-buahan, seperti blewah serta mangga.
-Beberapa jenis ikan, seperti ikan salmon serta tuna sirip biru.
-Produk olahan susu, seperti keju.


Diluar itu, hati sapi termasuk juga makanan yang kaya vitamin A. Tetapi, konsumsinya tidak bisa terlalu berlebih, sebab dapat mengakibatkan kelebihan vitamin A (hypervitaminosis A) yang malah beresiko bagi janin.Pada ibu hamil, suplementasi vitamin A biasanya tidak diperlukan. Bila ibu hamil alami defisiensi vitamin A yang berat, sampai memunculkan keluhan serta gejala, lakukanlah kontrol ke dokter. Dokter akan memberi suplemen vitamin A dalam dosis yang aman.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *