Kenali Tahap-Tahap Perkembangan Kognitif Anak

KENALI TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Berita Terbaru Bukan sekedar sehat serta bahagia, anak butuh tumbuh maksimal kecedasannya. Biasanya berikut yang menjadi keinginan tiap orangtua. Sesaat jika bicara masalah kecerdasan anak, berarti kita butuh mengulas perubahan kognitif anak. Tetapi sudahkah Anda memahaminya?Mencuplik situs sah Rumah Sakit Ibu serta Anak Kendangsari, Surabaya, Jawa Timur, pakar Gizi Anak, Julistio Djais, dr, SpA(K), M.Kes dalam tulisannya yang berjudul Gizi serta Perubahan Kecerdasan Anak mengemukakan, perubahan kognitif yang memengaruhi tingkat kecerdasan anak memiliki beberapa step. Tingkatan ini sesuai umur anak. Berikut lebih lengkap penjelasannya.

KENALI TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Step Sensori-Motorik:
Semenjak lahir sampai umur 2 tahun, pandangan anak tentang lingkungan masih hanya terbatas pada persepsi sensoris serta kegiatan motoriknya. Berarti, tingkah laku yang terlihat atau beberapa hal yang dikerjakan anak sebetulnya adalah tanggapan motorik simpel pada stimuli sensoris dari sekelilingnya.Di umur usia 7 – 9 bulan, baru bayi mulai meningkatkan yang diberi nama object permanence. Apa tujuannya? Si kecil mulai memiliki potensi untuk pahami jika objek masih ada walaupun tidak kelihatan.Contohnya waktu Anda sembunyikan mainannya dibawah selimut.Walau bayi tidak bisa lihat mainannya, dia paham mainan itu ada serta akan berupaya cari dibawah selimut.

Step Pra-Operasional
Setelah itu step dimana anak belajar memakai bahasa yang berlangsung pada tenggang umur 2 – 6 tahun . Pada step ini anak belum pahami nalar, belum bisa diakali dengan info serta belum bisa lihat dari bagian orang. Walau demikian, si kecil mulai menganalisa lambang, terutamanya kata, bentuk serta gambar.Step ini disebutkan pra-operasional sebab sekarang anak belum dapat menjalankan segi kognitif detil, seperti hitungan matematika. Jadi penambahan untuk pemakaian lambang, anak senang berpura-pura mainkan peranan seseorang tokoh seperti pura-pura jadi ayah, jadi pilot jadi guru dan sebagainya.

Step Operasional Konkret
Seterusnya periode di antara 7 – 11 tahun, dimana anak mulai mengerti operasi kognitif. Tujuannya anak mulai berpikir rasional mengenai insiden riil, tetapi belum betul-betul dapat mengerti ide abstrak atau yang terkait.Dalam analisa lambang contohnya. Di umur ini anak biasanya telah dapat mengerti makna beberapa lambang tokoh serta dapat berubah-ubah dalam tindakan mengikuti beberapa lambang beberapa tokoh itu.

Step Operasional Formal
Waktu anak telah berumur 12 tahun sampai nantinya dia dewasa, anak mulai meningkatkan potensi berpikir mengenai ide abstrak, potensi berpikir rasional, cari fakta logis, serta membuat gagasan yang sistematis. Berikut yang disebutkan step operasional resmi dalam tingkatan perubahan kognitif anak.Yang butuh dimengerti berkaitan perubahan kognitif anak ini ialah tentang peranan gizi. Apa hubungan? Peranan gizi dalam perubahan kecerdasan anak penting terutamanya dalam 1000 hari pertama kehidupan anak.

Yang disebut dalam 1000 hari ialah dari waktu konsepsi sampai umur 2 tahun. Perubahan maksimal butuh didahului oleh berlangsungnya perkembangan otak bayi yang maksimal. Perkembangan otak bayi berjalan secara cepat saat bayi masih di kandungan sampai beberapa tahun pertama kehidupannya. Oleh karena itu, ibu butuh pastikan zat gizi yang diperlukan untuk perkembangan otak si kecil tercukupi semenjak hamil, selama saat menyusui sampai tahun pertama bayi. Dengan demikian, baru anak bisa tumbuh maksimal serta pintar semenjak awal!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *