Seorang Pria Mengalami Buta Sebagian Akibat Tak Melepas Lensa Kontak Saat Mandi

SEORANG PRIA MENGALAMI BUTA SEBAGIAN AKIBAT TAK MELEPAS LENSA KONTAK SAAT MANDI

Berita Terbaru Sebagimana diketahui jika kejadian ini bisa jadi pengingat kita untuk berhati-hati dalam menggunakan lensa kontak. Seorang pria di Inggris tiba-tiba kehilangan sebagian kemampuan penglihatannya setelah sering mandi tanpa melepas lensa kontaknya.

Hal ini terjadi pada Nick Humphreys, pesepak bola amatir dari Shrewsbury, Inggris. Kondisinya itu terjadi akibat ada parasit yang masuk ke matanya.

Humphreys mengaku dirinya memang sering mandi tanpa melepas lensa kontaknya. Ternyata hal itu membuat matanya terinfeksi Acanthamoeba keratitis.

Acanthamoeba keratitis adalah infeksi parasit pada mata yang dapat mengancam penglihatan seseorang. Infeksi ini disebabkan organisme yang biasa ditemukan di air, seperti A. castellanii dan A. polyphaga. Mereka bisa masuk ke mata melalui luka kecil yang bisa disebabkan oleh lensa kontak.Kisah Humphreys dimulai pada Januari 2018. Ia merasakan adanya luka goresan menyakitkan di matanya. Ia lalu mengunjungi dokter untuk diperiksa dan sempat diberikan obat tetes untuk mengobatinya.

Hasil pemeriksaan dokter menemukan bahwa matanya terinfeksi oleh A. keratitis. Dua bulan kemudian, pada Maret 2018, Humphreys tiba-tiba kehilangan sebagian penglihatannya saat sedang mengemudi. Ia tidak pernah sembuh dari kondisi itu.

“Saya menggunakan lensa kontak karena saya tidak suka dengan penampilan saya saat menggunakan kacamata dan ini membuat saya kehilangan mata kanan saya,” ujar Humphreys, dilansir dari Medical Daily.

SEORANG PRIA MENGALAMI BUTA SEBAGIAN AKIBAT TAK MELEPAS LENSA KONTAK SAAT MANDI

“Jika saya mengetahui betapa berbahayanya menggunakan lensa kontak saat sedang mandi, saya tidak akan menggunakannya,” lanjutnya

Humphreys menjelaskan bahwa kondisi penglihatannya ini membuat dirinya kehilangan semangat hidup. Sebab, Humphreys yang tadinya sering berolahraga di gym dan bermain sepak bola jadi terpaksa terus berada di rumah selama enam bulan berturut-turut.

Kondisi Acanthamoeba keratitis banyak terjadi pada mereka yang menggunakan lensa kontak. Untuk menghindari risiko infeksi, kita disarankan untuk selalu menjaga kebersihan lensa kontak.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *