Qualcomm Perkenal chipset Baru, Snapdragon 215

QUALCOMM PERKENAL CHIPSET BARU, SNAPDRAGON 215

Berita Terbaru Diketahui bila pihak Qualcomm barusan mengenalkan chipset teranyarnya untuk smartphone entry-level, Snapdragon 215. Chipset ini adalah penambahan dari Snapdragon 212 dengan CPU 64-bit, unit processor grafis (GPU) yang lebih kencang serta memberi dukungan pemakaian dua kamera.

Snapdragon 215 terbagi dalam empat pokok Cortex-A53 di 1.3 GHz, yang diklaim ARM 50 % lebih kencang dibanding empat inti A7 di chipset jadul. Dengan 64-bit memang peningkatannya bertambah besar, tingkatkan kompatibilitasnya dengan versi Android terbaru, seperti Nokia 2 yang masih berjalan di OS Android Oreo.

GPU pada chipset ini ialah Adreno 308, yang memberi dorongan lebih kecil pada unit pemrosesannya 28 %, sama dengan yang digunakan di Snapdragon 425.

Selain itu, Snapdragon 215 jadi chipset seri 200 pertama yang memakai Image Sinyal Processor (ISP) ganda yang dengan relevan bisa tingkatkan kualitas kamera. Snapdragon 215 sangat mungkin smartphone entry-level menggunakan kamera memiliki resolusi 13 MP atau dua camera 8 MP. Jadi, smartphone murah yang menggunakan chipset ini dapat memakai lensa telephoto atau depth sensor nanti. Diluar itu, penambahan diberi pada potensi merekam video 1080p.

QUALCOMM PERKENAL CHIPSET BARU, SNAPDRAGON 215

Jadi perbandingan, Snapdragon 212 cuma dapat memberi dukungan optimal camera memiliki resolusi 8 MP serta perekaman video 720p.

Dari bagian layar, resolusi maksimumnya yang di dukung Snapdragon 215 masih 720 piksel. Walaupun demikian, produsen smartphone sendiri sekarang dapat membuat monitor dengan segi rasio tinggi sampai 19:9, berlainan dengan chipset lama yang cuma memberi dukungan 16:9.

Untuk konektivitasnya, ada penambahan kecil dimana chipset ini memakai Wi-Fi 5 serta Bluetooth 4.2, dual VoLTE serta EVS Voice Calls. Sedang untuk beberapa fitur yang tidak berubah dibanding pendahulunya ialah modem X5 LTE, ingatan LPDDR3 RAM, penyimpanan eMMC 4.5 built-in, serta UHS-I MicroSD.

Tetapi, sayangnya chipset ini cuma tawarkan fitur pengisian daya baterei cepat Quick Charge 1.0. Ini kelihatan aneh sebab di mode awalnya telah memberi dukungan Quick Charge 2.0.

Berdasar pada pengujian yang dilakukan Qualcomm, satu piranti dengan baterai 3.000 mAh bisa bertahan sampai lebih dari 10 jam dalam memutar video, 20 jam lebih menelepon serta beberapa hari dengarkan lagu.

Dengan hadirnya Snapdragon 215, karena itu kita akan lihat smartphone-smartphone murah di kisaran harga Rp 1 juta-an dengan detail yang lebih baik.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *