Piala Afrika: Tim Senegal sukses melaju ke Babak Semi final

PIALA AFRIKA: TIM SENEGAL SUKSES MELAJU KE BABAK SEMI FINAL

Berita Terbaru Kerjasama ganda Merseyside, Idrissa Gana Gueye serta Sadio Mane, dapat dibuktikan ampuh untuk loloskan Senegal ke semi final Piala Afrika 2019. Hadapi Benin di Stadion 30 Juni, Kairo, Rabu 10 Juli 2019 malam WIB, Senegal menang 1-0 melalui gol yang diciptakan Gueye di menit ke-69. Gol tersebut lahir dari assist Mane.

Senegal yang masih ada dibawah komando Aliou Cisse itu tampil dengan skuat mengerikan yang berisi bintang-bintang liga Eropa. Tidak hanya Gueye serta Mane, ada juga beberapa nama jenis Alfred Gomis, Cheikhou Kouyate, Kalidou Koulibaly, sampai Keita Balde Diao yang tampil semenjak menit awal.

Menghadapi Benin yang skuatnya tidak semewah itu, Senegal dapat menguasai perebutan bola semenjak awal. Namun, Benin sendiri tidak ingin menyerah demikian saja. Dengan pakem defensif 4-1-4-1, mereka dapat tutup akses jalan tengah serta memaksakan beberapa pemain Senegal menyerang melalui sayap. Ini jadi permasalahan lantaran Senegal tidak punyai penyerang yang betul-betul ahli berduel bola atas.

Akhirnya, Senegal juga jadi seringkali harus memakai langkah pilihan berbentuk tembakan jarak jauh untuk menjebol gawang Benin. Langkah berikut sendiri tidak demikian efisien. Dapat dibuktikan pada set pertama mereka tidak dapat sekali juga tembak bola ke gawang Benin.

Di sisi lain, Benin tidak dapat lancarkan serangan menggigit. Koulibaly di jantung pertahanan Senegal membuat beberapa serangan Benin mentah demikian saja. Dengan begitu, set pertama selesai seimbang tanpa ada gol.

Pada set ke-2 kondisi hampir sama. Senegal masih menguasai perebutan bola tapi kesusahan memberikan intimidasi bermakna. Mereka perlu tindakan perorangan cemerlang dari Gueye, yang dibantu Mane, untuk pada akhirnya menjebol gawang musuh.

Gueye yang kuasai bola di lapangan tengah lakukan dribel sebelum memberikan umpan pada Mane. Sesudah mengumpan, Gueye tidak berhenti. Pemain Everton itu terus menyerobot masuk ke kotak penalti untuk terima umpan Mane yang sukses meredam bola. Dari sana, Gueye selanjutnya dapat membobol gawang Benin.

Sesudah gol berlangsung Senegal bak mendapatkan suntikan daya. Mereka terus mendobrak pertahanan Benin, tapi hasil yang mereka bisa tidak maksimal. Memang, dari beberapa serangan itu lahir kartu merah buat bek Benin, Olivier Verdon, yang lakukan professional foul. Tetapi, itu juga tidak berhasil digunakan.

Pada akhirnya, satu gol dari Gueye barusan rupanya cukup sudah untuk loloskan Senegal ke semi final Piala Afrika. Nanti mereka akan bertemu dengan juara pertandingan di antara Madagaskar serta Tunisia.

PIALA AFRIKA: TIM SENEGAL SUKSES MELAJU KE BABAK SEMI FINAL

Nigeria Sisihkan Afrika Selatan melalui Gol Menit Akhir
Dari laga lain, Nigeria sukses amankan satu ticket semi final selesai tundukkan Afrika Selatan dengan score 2-1. Di set semi final kelak ‘Elang Super’ akan berjumpa juara pertandingan di antara Pantai Gading serta Aljazair.

Hadapi Afrika Selatan,Nigeria sebetulnya cukup kesusahan. Walau punyai beberapa pemain sarat pengalaman di Eropa, mereka tidak betul-betul dapat memegang kendali pertandingan. Walaupun demikian, di menit ke-27 mereka mampu mengambil gol melalui sensasi muda Villarreal, Samuel Chukwueze.

Manfaatkan umpan Alex Iwobi, Chukwueze mengambil bola dengan kaki kanannya. Usaha pertama Chukwueze itu tidak berhasil sebab mengenai kaki bek Afsel. Tetapi, dengan tenang bola muntah sukses ia kuasai serta ceploskan ke gawang musuh. Gol ini bawa Nigeria unggul 1-0 di set pertama.

Sesudahnya Afsel berupaya keras untuk cari gol penyama posisi. Usaha itu berbuah hasil pada menit ke-71 melalui tindakan Bongani Zungu. Dari kondisi sepak sudut, Zungu sukses mengambil bola dengan kepalanya masuk ke gawang Nigeria yang dikawal oleh Daniel Akpeyi.

Gol itu membuat Afsel semakin semangat, tapi satu menit mendekati waktu normal selesai mereka justru kecolongan. Ialah blunder penjaga gawang Ronwen Williams yang mendatangkan musibah buat Bafana Bafana. Kegagalannya menangkap bola membuat William Troost-Ekong dengan bebas cetak gol kemenangan Nigeria.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *