Kemenpora : Akan Kami Buat Peraturan Menteri buat eSports

KEMENPORA : AKAN KAMI BUAT PERATURAN MENTERI BUAT ESPORTS

Berita Terbaru Memang jaman saat ini perubahan olahraga elektronik atau yang diketahui eSports telah cukup pesat di Indonesia. Terdapat beberapa prestasi yang sudah dicapai perwakilan Indonesia di turnamen-turnamen eSports internasional akhir-akhir ini.

Bahkan juga, Indonesia sukses mendapatkan dua medali dari eSports sebagai cabang olahraga ekshibisi di Asian Games 2018 kemarin. Walaupun pencapaian itu tidak memengaruhi klassemen akhir, tetapi ini cukup membanggakan lihat bagaimana Indonesia bisa tunjukkan kekuatannya di bagian eSports.

Kementerian Pemuda serta Olahraga (Kemenpora) lihat ada masa depan yang bagus dari perubahan eSports di Indonesia. Karena itu, Kemenpora ingin membuat aturan khusus berbentuk Peraturan Menteri (Permen) soal eSports.

Sekretaris Kementerian Pemuda serta Olahraga (Sesmenpora), Gatot Dewa Broto, menerangkan sekarang ini di Indonesia, masih ada kesimpangsiuran di eSports serta bagaimana bagian ini dilihat mata sebelah oleh warga. Ditambahkan, eSports belum mempunyai payung hukum yang kuat untuk dipandang seperti satu diantara cabang olahraga.

Menurut Gatot, eSports belum ditata oleh Undang-Undang Nomer 3 tahun 2005 mengenai Skema Keolahragaan Nasional (SKN) yang mengendalikan tata atur olahraga nasional. Walau sebenarnya, eSports menurut dia telah penuhi beberapa unsur olahraga, seperti kemampuan fisik, konsentrasi, kecepatan, serta taktik.

KEMENPORA : AKAN KAMI BUAT PERATURAN MENTERI BUAT ESPORTS

“Hal lainnya jadi PR kami ialah saya sudah pernah diberi pertanyaan, apa eSports ini telah masuk kelompok olahraga, saya jujur berdasar undang-undang SKN ini belum disebutkan, engga ada namanya eSports. Tetapi eSports itu unsur-unsurnya telah tercukupi jadi sisi dari olahraga, seperti sportivitas, persiapan fisik yang sempurna,” jelas Gatot, waktu didapati di kantor Kemenpora, Selasa 10 Juli 2019.

Selanjutnya, Gatot mengemukakan Permen ialah jalan paling baik serta paling cepat untuk bikin peraturan berkaitan eSports. Dia bahkan juga menjelaskan harusnya Permen eSports ini telah dikeluarkan sebelum kompetisi Piala Presiden 2019 lalu berjalan. Sekarang Kemenpora memberikan keyakinan Permen eSports akan secepat-cepatnya keluar paling lamban bulan September untuk menyongsong arena Piala Presiden 2020.

“Jika dilawan merubah undang-undang benar-benar lama, PP serta perpres memerlukan waktu lama. Sebetulnya kami ingin mengeluarkan sebelum Piala Presiden tempo hari, tetapi konsentrasi kita terpecah. Kesempatan ini harus ada payung hukumnya, September harus usai,” tuturnya.

Gatot belum ingin memberi deskripsi lebih detil tentang Permen eSports ini. Tetapi dianya menerangkan adanya Permen eSports nanti akan mempermudah asosiasi serta pelaku eSports untuk lakukan publikasi

“Adanya peraturan ini akan mempermudah asosiasi untuk dapat lebih menyakinkan pada publik jika olahraga ini telah disadari oleh pemerintah, sampai kini, menurut kami belum cukup lebih baik ada dasar hukumnya, lebih enak publikasi,” pungkas Gatot.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *