Mahasiswa UNS Menemukan Obat Baru Untuk Pasien Diabetes

MAHASISWA UNS MENEMUKAN OBAT BARU UNTUK PASIEN DIABETES

Berita Terbaru Dikabarkan jika ada sekumpulan mahasiswa Kampus Sebelas Maret (UNS) punyai terobosan unik untuk menolong mengobati cedera pada pasien diabetes melitus (DM). Mereka membuat satu gel dari cangkang udang yang dapat tingkatkan proses pengobatan luka itu.

Ini ialah dari hasil riset Alfiyatul Fithri, Rizki Ardiansyah, serta Wahyu Puji Pamungkas. Ketiganya ialah mahasiswa UNS yang penelitiannya selamat memperoleh permodalan dari Program Kreatifitas Mahasiswa Kementerian Analisa Tehnologi serta Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2019.

Seperti diketahui bila Gel ini dinamakan OLEFIL yang disebut singkatan dari “Wound Plaster from Shrimp Shells-Eel”. Satu diantara bahan basic pengerjaan gel ini ialah kitosan, senyawa berbentuk antibakteri yang banyak ditemukan pada udang.

MAHASISWA UNS MENEMUKAN OBAT BARU UNTUK PASIEN DIABETES

Pemakaian cangkang udang diambil sebab Indonesia membuahkan banyak sampah type ini. Negara dengan ibu kota Jakarta ini membuahkan sampah cangkang udang seputar 20 ton sehari-harinya.
Diluar itu, gel memakai ikan sidat, satu diantara ikan yang memiliki kandungan albumin tinggi. Albumin ialah protein yang berperan untuk mengendalikan tekanan dalam pembuluh darah.

“Berdasarkan kekuatan kitosan serta ikan sidat, karena itu sekarang ini saya serta team membuat OLEFIL (Wound Plaster from Shrimp Shells-Eel), yakni plester cedera inovatif dengan bahan basic gabungan kitosan serta ikan sidat jadi jalan keluar penyembuh cedera DM terinfeksi bakteri MRSA,” tutur Fithri, seperti dikutip Hostcoemedia dari situs sah UNS.

Selain itu data dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat dan tunjukkan terdapatnya penambahan kematian karena diabetes melitus. Pada 2012, kematian karena penyakit ini ialah 1,2 juta. Angka itu bertambah jadi 422 juta pada 2014.
MRSA atau methicillin-resistant staphylococcus aureus ialah infeksi yang dikarenakan oleh bakteri Staphylococcus. Potensi luka pasien diabetes melitus terinfeksi ini dapat sampai lima kali lipat. Hal tersebut dapat mengakibatkan luka makin lebih buruk serta dapat membuat pasien luka harus jalani amputasi.

Arah penting OLEFIL ialah pertolongan pertama perlakuan pada luka. Gel ini diharapkan percepat proses pengobatan cedera pada pasien diabetes hingga tak perlu sampai diamputasi.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *